Accounting 2022

Pengaruh ukuran dewan komisaris, profitabilitas terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility) (studi empiris perusahaan consumer goods yang terdaftar di BEI, tahun 2018–2019)

Pengaruh ukuran dewan komisaris, profitabilitas terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility) (studi empiris perusahaan consumer goods yang terdaftar di BEI, tahun 2018–2019)

by Hendi Febiana Tri Pratiwi on September 19, 2022 at 2:44 am

Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan bentuk dari kepedulian dan tanggung jawab sosial yang diberikan oleh perusahaan atas seluruh dampak yang mungkin terjadi akibat aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan tidak hanya terhadap kesejahteraan masyarakat tetapi juga terhadap lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran dewan komisaris dan profitabilitas terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. Obyek penelitian adalah perusahaan consumer goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sampel penelitian ini adalah perusahaan Consumer Goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2019. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ukuran dewan komisaris dan profitabilitas mempengaruhi pengungkapan tanggungjawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility) pada Perusahaan consumer goods yang Terdaftar di BEI, Tahun 2018-2019.

Pengaruh pengetahuan wajib pajak, kesadaran wajib pajak, dan modernisasi administrasi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor di Kabupaten Madiun

Pengaruh pengetahuan wajib pajak, kesadaran wajib pajak, dan modernisasi administrasi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor di Kabupaten Madiun

by Reni Lestari on September 15, 2022 at 8:23 am

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara empiris pengetahuan wajib pajak, kesadaran wajib pajak, dan modernisasi administrasi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor di Kabupaten Madiun. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel yang memenuhi kriteria untuk dapat diuji sebanyak 70 wajib pajak kendaraan bermotor yang menggunakan e-samsat yang ada di Kabupaten Madiun. Pengujian hipotesis menggunakan analisis linear berganda dengan bantuan aplikasi SPSS 24. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa pengetahuan wajib pajak dan modenisasi administrasi perpajakan berpengaruh positif signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor. Namun kesadaran wajib pajak tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor.

Pengaruh kualitas sistem, persepsi kemudahan penggunaan, dan persepsi manfaat terhadap kepuasan wajib pajak pengguna e-filling di KPP Pratama Kabupaten Ponorogo

Pengaruh kualitas sistem, persepsi kemudahan penggunaan, dan persepsi manfaat terhadap kepuasan wajib pajak pengguna e-filling di KPP Pratama Kabupaten Ponorogo

by Rian Pra Panca Putra on September 15, 2022 at 6:04 am

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas sistem, persepsi kemudahan penggunaan dan persepsi manfaat terhadap kepuasan wajib pajak pengguna e-filling. Sampel penelitian ini wajib pajak pengguna e-filling di KPP Pratama Kabupaten Ponorogo diperoleh sebanyak 47 responden. Analisis hipotesis menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas system, persepsi kemudahan penggunaan, dan persepsi manfaat berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan wajib pajak pengguna e-filling.

Pengaruh persepsi kepercayaan, persepsi kemudahan dan persepsi keamanan terhadap minat penggunaan ShopeePay di Kota Madiun

Pengaruh persepsi kepercayaan, persepsi kemudahan dan persepsi keamanan terhadap minat penggunaan ShopeePay di Kota Madiun

by Maria Stella Mongilala on August 29, 2022 at 8:49 am

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh persepsi kepercayaan, persepsi kemudahan dan persepsi keamanan terhadap minat menggunakan ShopeePay. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin tingginya penggunaan uang elektronik di masyarakat yang menandakan bahwa masyarakat sudah paham dan mengerti cara menggunakan uang elektronik sebagai alat pembayaran pada masa kini. Hal tersebut diwujudkan dengan banyaknya berbagai tempat yang menyediakan pembayaran dengan menggunakan aplikasi uang elektronik. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif yang menggunakan jenis penelitian asosiatif. Data yang digunakan berupa data primer dari penyebaran kuesioner dengan jumlah 150 responden. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji koefisien determinasi serta uji hipotesis (uji t dan uji F). Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi kepercayaan, persepsi kemudahan, dan persepsi keamanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menggunakan ShopeePay.

Pengaruh persepsi risiko, persepsi kegunaan dan persepsi kemudahan terhadap minat penggunaan Livin' by Mandiri di Kota Madiun

Pengaruh persepsi risiko, persepsi kegunaan dan persepsi kemudahan terhadap minat penggunaan Livin’ by Mandiri di Kota Madiun

by Tegar Ari Laksono on August 29, 2022 at 8:10 am

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hadirnya Livin’ by Mandiri yang merupakan bentuk mobile banking berupa aplikasi yang dikeluarkan oleh Bank Mandiri untuk memudahkan nasabah dalam mengakses layanan perbankan terutama pada segmen retail. Dengan penawaran-penawaran yang memudahkan para nasabah ini diharapkan dapat meningkatkan minat nasabah menggunakan layanan Livin’ by Mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh persepsi risiko, persepsi kegunaan, dan persepsi kemudahan terhadap minat penggunaan Livin’ by Mandiri di Kota Madiun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 102 responden. Teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda yang terdiri dari uji kualitas data (validitas dan reliabilitas), uji asumsi klasik (normalitas, multikolinieritas, heterokedastitas, autokorelasi), uji hipotesis dan uji koefisien determinasi. Hasil pengujian menunjukkan bahwa persepsi kegunaan dan persepsi kemudahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat penggunaan. Sedangkan, persepsi risiko tidak berpengaruh signifikan terhadap minat penggunaan.