Pendidikan Bahasa Indonesia 2025

Campur kode bahasa Batak-bahasa Indonesia dalam pesan teks di grup Whatsapp mahasiswa Batak UKWMS Madiun

by Godang Lamtiur Sitanggang on March 25, 2025 at 7:02 am

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis campur kode, bentuk campur kode, faktor penyebab terjadinya campur kode. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan 101 data berupa tuturan. Dari hasil penelitian, diperoleh: (1) jenis-jenis campur kode (a) internal unsur bahasa Batak yang disisipi bahasa Indonesia: (b) jenis campur kode internal unsur bahasa Indonesia yang disisipi bahasa Batak; (c) jenis campur kode eksternal unsur bahasa Batak yang disisipi bahasa Indonesia dan bahasa Inggris; (2) bentuk-bentuk campur kode, yaitu bentuk campur kode berupa kata dalam bahasa Indonesia:(a) kata dasar; (b) kata berimbuhan; (c) kata majemuk; (d) kata ulang; Bentuk campur kode berupa kata dalam bahasa Batak: (a) kata dasar; (b) kata berimbuhan; (c), kata majemuk. Bentuk campur kode berupa frasa dalam bahasa Indonesia, dan bentuk campur kode berupa kalimat dalam bahasa Indonesia; Bentuk campur kode berupa frasa dalam bahasa Batak dan bentuk campur kode berupa kalimat dalam bahasa Batak. (3) faktor penyebab terjadinya campur kode bahasa Indonesia ke dalam bahas Batak (a) pribadi pembicara, (b) penggunaan istilah yang populer, (c) keterbatasan penggunaan kode, (d) membangkitkan rasa humor. Faktor penyebab terjadinya campur kode bahasa Batak ke dalam bahasa Indonesia dalam pribadi pembicara.

Strategi penulisan sastra sejarah bagi Komunitas Historie van Madioen

by Ardi Wina Saputra on January 17, 2025 at 7:25 am

Pengabdian ini bertujuan untuk mengembangkan proses strategi penulisan sastra sejarah bagi Komunitas Historie Van Madioen (HvM) dan analisis karya yang dihasilkan. HvM merupakan komunitas sastra sejarah di Madiun. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah Komunitas Historie van Madioen. Hasil penelitian memaparkan strategi pembelajaran yang digunakan untuk membelajarkan penulisan sastra, khususnya prosa fiksi pada Komunitas Historie van Madioen.

Implikatur teks belakang bak truk dan pemanfaatannya sebagai bahan ajar teks anekdot

by Agustinus Djokowidodo on January 16, 2025 at 9:27 am

Pembelajaran di sekolah melibatkan pihak yang belajar dan pihak yang mengajar. Dengan kata lain melibatkan pembelajar atau peserta didik dan pengajar atau pendidik. Dua pihak yang masing-masing memiliki latar belakang yang berbeda, baik latar belakang sosial, budaya maupun ekonomi. Pembelajaran di sekolah dapat dilaksanakan dengan menggunakan berbagai cara agar dapat menarik minat belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran tersebut. Kreativitas pendidik sangat diperlukan untuk mencapai maksud tersebut. Kreativitas penulisan wacana di bagian belakang bak truk tersebut dapat dimanfaatkan sebagai bahan ajar salah satu materi matapelajaran bahasa Indonesia kelas X, yaitu teks anekdot. Pembelajaran teks anekdot tersebut dapat dilaksanakan dengan media yang diperoleh dari kehidupan nyata sehari-hari. Salah satunya yaitu tulisan di belakang bak truk. Penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini merupakan penelitian kasus menggunakan pendekatan kualitatif. Tulisan-tulisan di bagian belakang bak truk tersebut mengandung implikatur yang bermakna, sindiran, Curahan hati, ejekan, informasi dan saran/ nasihat. Tulisan pada bagian belakang bak truk sebagai media pembelajaran dapat menjadi inovasi kreatif yang dapat membuat pembelajaran menjadi lebih menarik dan relevan dengan budaya popular.