- Pengaruh kualitas kepribadian konselor dan minat siswa memanfaatkan layanan konseling terhadap keefektifan layanan konseling individuby Brigita Octavia Wulansari on March 26, 2024 at 8:01 am
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1)Pengaruh kualitas kepribadian konselor terhadap keefektifan layanan konseling, 2)Pengaruh minat siswa terhadap keefektifan layanan konseling, 3) Pengaruh kualitas kepribadian konselor dan minat siswa terhadap keefektifan layanan konseling. Populasi dalam penelitian adalah siswa SMP Negeri 13 Madiun yang pernah melakukan konseling individu berjumlah 58 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling. Data diperoleh menggunakan angket berbentuk skala, yaitu: skala keefektifan layanan konseling, skala kualitas kepribadian konselor, dan skala minat siswa memanfaatkan layanan konseling. Hipotesis penelitian 1)Hipotesis minor pertama: Kualitas kepribadian konselor mempengaruhi keefektifan layanan konseling, 2)Hipotesis minor kedua: Minat siswa memanfaatkan layanan konseling mempengaruhi keefektifan layanan konseling, 3)Hipotesis mayor Kualitas kepribadian konselor dan minat siswa memanfaatkan layanan konseling mempengaruhi keefektifan layanan konseling. Data dianalisis menggunakan teknik regresi linear berganda. Model persamaan regresi Y= 41,279+0,343X1+0,182X2. Hasil uji hipotesis menunjukkan: 1) Kualitas Kepribadian Konselor mempengaruhi keefektifan layanan konseling diterima, karena t hitung > t tabel = (2.311>2,002), 2) Minat siswa memanfaatkan layanan konseling mempengaruhi keefektifan layanan konseling diterima, karena nilai t hitung > t tabel = (3,617 > 2,002), 3) Kualitas kepribadian konselor dan minat siswa memanfaatkan layanan konseling mempengaruhi keefektifan layanan konseling diterima, karena nilai F hitung >F tabel = (17,255 > 3,16). Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa: 1) Hipotesis minor pertama diterima, 2) Hipotesis minor kedua diterima, 3) Hipotesis mayor diterima.
- Efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing untuk mengurangi tingkat kecanduan gadget pada siswa kelas IX G SMP Negeri 1 Balerejoby Desan Mareta Priantini on March 26, 2024 at 7:56 am
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas layanan bimbingan kelompok melalui teknik role playing untuk mengurangi tingkat kecanduan gadget siswa pada kelas IX G SMP Negeri 1 Balerejo. Kecanduan gadget pada siswa adalah perilaku ketergantungan terhadap gadget yang membawa dampak buruk bagi siswa, ditemukan adanya siswa yang mengalami permasalahan kecanduan gadget, beberapa siswa pada saat pembelajaran berlangsung cenderung asik bermain gadget dan tidak fokus terhadap penjelasan guru. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen, desain penelitian yang digunakan adalah pre-experimental design. Bentuk penelitian dalam pre-experimental design menggunakan one group pretest post-test design yaitu desain penelitian dengan cara diberikan pretest terlebih dahulu pada kelompok eksperimen sebelum diberi perlakuan. Penelitian ini memberikan makna bahwa dengan melalui layanan bimbingan kelompok teknik role playing, siswa mampu mengurangi tingkat kecanduan gadget. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kecanduan gadget pada siswa sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing berada dikategori rendah dengan rata-rata 80,5 dan setelah diberikan treatment mengalami penurunan menjadi kategori sangat rendah dengan rata-rata 58,4. Maka dapat dikatakan adanya perbedaan Pre-test dan Post-test. Kesimpulan dibuktikan dari nilai signifikansi (2-tailed) 0.000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan skor yang signifikan antara hasil pretest dan hasil posttest. Hal ini menunjukkan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik role playing efektif mengurangi tingkat kencanduan gadget pada siswa.
- Efektivitas layanan informasi bidang sosial dalam meningkatkan keterampilan berkomunikasi antar pribadi siswa kelas XII tahun pelajaran 2023/2024 SMAK Bonaventura Madiunby Theresia Rantika Karinawati on March 26, 2024 at 3:28 am
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) gambaran keterampilan komunikasi antarpribadi siswa kelas XI SMAK Bonaventura Madiun sebelum diberikan layanan informasi bidang sosial, 2) gambaran keterampilan komunikasi antarpribadi siswa kelas XI SMAK Bonaventura setelah mengikuti layanan bimbingan kelompok, 3) efektivitas layanan informasi bidang sosial dalam meningkatkan keterampilan berkomunikasi antar pribadi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimental. Metode yang dipilih dalam penelitian ini adalah menggunakan one group pretest and posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII tahun pelajaran 2023/2024 SMAK Bonaventura Madiun yaitu berjumlah 31 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik total sampling. . Dapat dilihat dari nilai signifikansi (2-tailed): p=0,000 < 0,005, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan skor yang signifikan antara hasil pretest dan hasil posttest. Hal ini menunjukan bahwa Layanan Informasi bidang Sosial efektif untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi antar pribadi siswa kelas XII.
- Efektivitas layanan bimbingan kelompok berbantuan teknik sosiodrama untuk mengurangi perilaku membolos siswa di SMPN 13 Madiunby Imanuel Simforian Atakasima Sembiring on March 26, 2024 at 3:04 am
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas layanan bimbingan dan kelompok berbantuan Teknik sosiodrama untuk mengurangi perilaku membolos siswa di SMPN 13 Madiun. Perilaku membolos merupakan sebuah kebiasaan yang dilakukan oleh siswa dengan meninggalkan jam pelajaran tanpa adanya informasi yang jelas kepada pihak terkait (Sekolah). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX B, IX C dan VIII F SMPN 13 Madiun berjumlah 90 orang. Sedangkan sampel penelitian ini juga merupakan siswa kelas IX B, IX C dan VIII F yang berjumlah 11 orang dengan poin membolos cukup tinggi. Penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling dimana peneliti mengambil syarat adalah siswa yang memiliki poin membolos cukup tinggi. Instrumen penelitian ini menggunakan angket berbentuk skala yang terdiri dari butir-butir pernyataan. Setelah disebarkan, semua butir angket penelitian ini terbukti valid dan reliabel. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan uji Normalitas dan uji Paired Sample T-test sehingga didapatkan hasil nilai signifikansi dalam uji Normalitas adalah 0,099 > 0,05 sehingga dinyatakan berdistribusi normal dan didapatkan nilai signifikansi (2-tailed) dalam uji paired sample T-test 0,0073 < 0,05 sehingga dapat dikatakan bahwa nilai signifikansi hitung diterima. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok berbantuan teknik sosiodrama dapat efektif mengurangi perilaku membolos siswa.
- Efektivitas layanan informasi bidang belajar berbantuan media film dalam meningkatkan minat belajar siswa SMP Negeri 14 Madiunby Dika Rhisnawati on March 26, 2024 at 3:03 am
Minat belajar merupakan rasa suka atau ketertarikan dalam diri individu yang menyebabkan terjadi perubahan tingkah laku. Minat belajar yang rendah dapat menyebabkan peserta didik mengalami kesulitan dalam belajar dan prestasi belajar yang rendah. Tujuan Penelitian adalah meningkatkan minat belajar rendah melalui layanan informasi dalam bidang belajar. Layanan informasi bidang belajar dengan berbantuan media film membuat siswa lebih tertarik dan lebih mudah memahami karena film dapat meninggalkan kesan sehingga dapat mempengaruhi minat siswa. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pola penelitian eksperimen one-group pretest-posttest design. Subjek yang akan menjadi populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII B SMP Negeri 14 Madiun TA 2023/2024 yang berjumlah 30 orang. Teknik sampling yang dipergunakan adalah total sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa kuesioner berbentuk skala. Teknik analisis yang dipakai meliputi uji normalitas, uji-t, dan uji peningkatan N-Gain. Hasil analisis uji-t diperoleh Thitung sebesar -9.823 dan Ttabel -2.045. Dari hasil analisis tersebut diperoleh kesimpulan bahwa layanan informasi bidang belajar berbantuan media film efektif dalam meningkatan minat belajar siswa.
- Laporan Pengenalan Lapangan Persekolahan I di SMP Santo Bernardus Madiunby Rully Berliandika on March 18, 2024 at 2:00 am
Pengenalan Lapangan Persekolahan I (PLP I) adalah tahapan pertama dalam Pengenalan Lapangan Persekolahan pada Program Sarjana Pendidikan. Kegiatan PLP ini bertujuan untuk 1) Pengamatan langsung kultur sekolah 2) Pengamatan struktur organisasi dan tata kelola di sekolah 3) Pengamatan peraturan dan tata tertib sekolah 4) Pegamatan kegiatan – kegiatan ceremonial-formal di sekolah (misalnya: upacara bendera 5) Pengamatan kegiatan-kegiatan rutin berupa kurikuler, kokurikuler, dan ekstrakulikuler 6) Pengamatan praktik-praktik pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah. Kegiatan PLP dilaksanakan oleh mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Bimbingan dan Konseling di Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya Kampus Kota Madiun (UKWMS Kampus Kota Madiun) yang dilaksanakan langsung pada lingkungan sekolah. Kegiatan ini berlangsung dari Senin, 20 Maret 2023 sampai dengan 15 Juni 2023 di SMP Santo Bernardus Madiun Jl. A. Yani No. 7, Pangongangan, Kec.Manguharjo, Kota Madiun, Jawa Timur. Mahasiswa PLP berkesempatan untuk mendapatkan kesempatan untuk lebih mengenal sekolah dan visi misi serta kultur sekolah yang berlaku di sekolah tempat pelaksanaan PLP tersebut. Observasi dalam hal ini adalah kegiatan pengamatan tentang keadaan dan model pendidikan yang ada di SMP Santo Beranardus Madiun dalam upaya melaksanakan proses kegiatan belajar mengajar dan metode pendidikan bedasarkan kurikulum di sekolah menengah pertama sampai saat ini.
- Pengaruh bimbingan klasikal teknik cinematherapy terhadap peningkatan kepercayaan diri siswa kelas VIII D SMP Negeri 1 Maospatiby Hanifatu Nisa on September 20, 2023 at 1:38 am
Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya siswa kelas VIII D SMP Negeri 1 Maospati kurang memiliki rasa percaya diri yang dibuktikan dengan tidak berani tampil didepan umum, malu mengungkapkan pendapat, tidak berani bertanya, dan belum memiliki sifat tenang tanpa adanya ragu-ragu. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana gambaran tingkat kepercayaan diri siswa sebelum diberikan layanan klasikal teknik cinematherapy; setelah diberikan layanan klasikal teknik cinematherapy; dan pengaruh bimbingan klasikal teknik cinematherapy terhadap peningkatan kepercayaan diri siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik experimental one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian siswa kelas VIII D SMP Negeri 1 Maospati tahun 2023 berjumlah 31 siswa. Sampel dalam penelitian yaitu seluruh siswa yang menjadi populasi yaitu 31 orang dengan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket berbentuk skala. Analisis data menggunakan Statistik Deskriptif dan Uji T. Hasil analisis menunjukkan gambaran tingkat kepercayaan diri sebelum diberikan layanan bimbingan klasikal teknik cinematherapy sebesar 68% pada kategori sedang dan 32% pada kategori tinggi; setelah diberikan layanan bimbingan klasikal teknik cinematherapy sebesar 58% pada kategori sedang dan 42% pada kategori tinggi. Hasil uji hipotesis menyatakan Ho ditolak dengan nilai asymp. sig 0.001 < nilai sig α = 0,05 yang berarti terdapat pengaruh signifikan bimbingan klasikal teknik cinematherapy terhadap peningkatan kepercayaan diri siswa SMP Negeri 1 Maospati.
- Pengaruh layanan karir dan penggunaan Instagram terhadap pemilihan karir siswaby Martinus Novan Andika Saputra on September 20, 2023 at 1:37 am
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya banyak permasalahan peserta didik mengenai kurang tepatnya dalam pemilihan karir atau studi lanjut bagi sebagian peserta didik. Kurangnya pemenuhan informasi dan kurangnya pemanfaatan layanan bimbingan karir (BK) di sekolah cukup mempengaruhi dalam permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh layanan karir dan penggunaan media sosial instagram terhadap pemilihan karir siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAK St. Bonaventura Madiun tahun ajaran 2022/2023. Sampel penelitian ini adalah 38 siswa yaitu dari total siswa kelas XI SMAK St. Bonaventura Madiun. Teknik sampling penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh yaitu semua anggota populasi yang digunakan sebagai sampel. Instrument penelitian ini menggunakan angket berbentuk skala yang terdiri dari butir-butir pernyataan. Sebelum menyebarkan kepada responden, angket terlebih dahulu diuji menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi linier berganda untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis minor pertama yang menyatakan “Layanan karir berpengaruh terhadap pemilihan karir siswa” diterima, karena t hitung > dari t tabel (3,622 > 1,690), lalu hipotesis minor kedua yang menyatakan “Penggunaan Instagram berpengaruh terhadap pemilihan karir siswa” diterima, karena t hitung > dari t tabel (2,054 > 1,690), dan hipotesis mayor yang berbunyi “Layanan karir (X1) dan penggunaan Instagram (X2) berpengaruh terhadap pemilihan karir siswa (Y)” diterima karena F hitung > F tabel (10,036 > 3,25). Kesimpulan dari penelitian ini yaitu bahwa layanan karir dan penggunaan Instagram berpengaruh terhadap pemilihan karir siswa.
- Efektivitas konseling kelompok metode sosiodrama untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa SMPN 1 Balerejo Kabupaten Madiunby Safira Munawaroh on September 20, 2023 at 1:35 am
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas layanan konseling kelompok melalui teknik sosiodrama untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Balerejo. Percaya diri merupakan sikap yakin terhadap kemampuan diri untuk berperilaku sesuai dengan apa yang diharapkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen, desain penelitian yang digunakan adalah pre experimental design. Bentuk penelitian dalam pre experimental desaign menggunakan one group pretest posttest design yaitu desain penelitian dengan cara diberikan pretest terlebih dahulu pada kelompok eksperimen sebelum diberi perlakuan. Penelitian ini memberikan makna bahwa dengan melalui layanan konseling kelompok metode sosiodrama, siswa lebih mampu menunjukan sikap percaya diri sebab siswa mampu berekspresi sesuai kreativitas siswa masing-masing. Kesimpulan dibuktikan dari nilai signifikansi (2-tailed) 0,000 < 0,005, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan skor yang signifikan antara hasil pretest dan hasil posttest. Hal ini menunjukkan bahwa konseling kelompok dengan menggunakan metode sosiodrama efektif untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa.