Manajemen 2023

  • Pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja karyawan Maju Hardware Nganjuk
    by Prayoga Pratama on March 26, 2024 at 8:49 am

    Penelitian ini mengambil objek pada toko elektronik yang baru didirikan tahun 2020 yang merupakan Cabang dari Maju Hardware Madiun. Penelitian ini bertujuan menguji dan menganaliss pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja karyawan Maju Hardware Nganjuk. Sampel dalam penelitian ini adalah karyawan Maju Hardware Nganjuk yang berjumlah 50 karyawan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisi regresi linier. Hasil penelitian menemukan bahwa motivasi kerja berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja karyawan Maju Hardware Nganjuk.

  • Pengaruh kualitas produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian sepatu Nike
    by Natasya Octaviona on March 26, 2024 at 8:48 am

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Nike. Populasi dalam penelitian ini yaitu semua orang yang pernah melakukan pembelian sepatu merek Nike. Penelitian ini menggunakan teknik snowball sampling dan diperoleh sampel sebanyak 100 responden. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi linier berganda menggunakan bantuan program SPSS versi 20. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Begitu pula dengan citra merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sepatu Nike.

  • Pengaruh debt to asset ratio dan return on asset terhadap nilai perusahaan sektor pertambangan periode tahun 2021-2022
    by Kezia Rahmameilani Widiadsih on March 26, 2024 at 8:47 am

    Penelitian ini bertujuan menguji signifikansi pengaruh DAR dan ROA terhadap nilai perusahaan sektor pertambangan periode 2021-2022 secara parsial. Populasi pada penelitian ini adalah 146 perusahaan manufaktur sektor pertambangan yang terdaftar di BEI periode tahun 2021-2022. Sampel yang digunakan sebanyak 91 data pengamatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa leverage dengan proksi debt to asset ratio (DAR) berpengaruh positif tidak signifikan terhadap nilai perusahaan, sedangkan profitabilitas dengan proksi return on asset (ROA) berpengaruh positif signifikan. Pada periode tahun 2021-2022 DAR mengalami penurunan secara tidak signifikan, sedangkan ROA mengalami peningkatan secara signifikan.

  • Pengaruh etos kerja dan beban kerja terhadap kinerja pegawai pada Rumah Sakit DKT Kota Madiun
    by Herdias Galih Dwi Tama on March 26, 2024 at 8:47 am

    Penelitian ini bertujuan untuk menguji signifikansi pengaruh positif etos kerja terhadap kinerja pegawai pada Rumah Sakit DKT Kota Madiun, dan menguji signifikansi negatif pengaruh negatif beban kerja terhadap kinerja pegawai pada Rumah Sakit DKT Kota Madiun. Objek dari penelitian ini adalah Rumah Sakit DKT Kota Madiun. Populasi dari penelitian ini merupakan pegawai dari Rumah Sakit DKT Kota Madiun. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 52 pegawai Rumah Sakit DKT Kota Madiun. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, dan skala pengukuran yang digunakan dalam penelitian adalah skala Likert. Teknik Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian dan perhitungan yang dilakukan dengan menggunakan program SPSS versi 21 dapat memperlihatkan bahwa variabel etos kerja berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja pegawai, dan variabel beban kerja tidak berpengaruh negatif signifikan terhadap kinerja pegawai. Nilai koefisien determinasi (R²) dari penelitian ini adalah sebesar 0,607 atau 60,7%, yang berarti pengaruh dari variabel etos kerja dan beban kerja terhadap kinerja pegawai adalah sebesar 60,7%.

  • Pengaruh budaya organisasi dan lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja perawat RSUD Sogaten Kota Madiun
    by Arlanda Afi Margono on March 26, 2024 at 8:46 am

    Penelitian ini bertujuan untuk menguji signifikansi pengaruh budaya organisasi dan lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja perawat RSUD Sogaten Kota Madiun. Populasi pada penelitian ini adalah perawat tetap RSUD Sogaten Kota Madiun. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sampling jenuh dengan jumlah sampel 97 perawat tetap. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas dan uji reliabilitas, analisis statistik deskriptif, uji normalitas, uji asumsi klasik (uji multikolinieritas dan uji heteroskedastisitas), analisis regresi linier berganda, koefisien determinasi (R2) dan pengujian hipotesis (uji t). Pengolahan data menggunakan software SPSS 21. Dari hasil uji t penelitian ini mengungkapkan bahwa kepuasan kerja perawat dapat ditingkatkan dari aspek budaya organisasi dan lingkungan kerja.

  • Pengaruh budaya organisasi, pengembangan karir, dan kompensasi terhadap employee engagement PDAM Tirta Taman Sari Kota Madiun
    by Eunike Nadya Elisa on March 26, 2024 at 8:45 am

    Penelitian ini bertujuan untuk menguji signifikansi pengaruh budaya organisasi, pengembangan karir, dan kompensasi terhadap employee engagement pada pegawai PDAM Tirta Taman Sari Kota Madiun. Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai tetap PDAM Tirta Taman Sari Kota Madiun. Metode pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah metode sampling jenuh atau total sampling dengan jumlah sampel 47 pegawai tetap. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari uji validitas, uji reliabilitas, analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinieritas dan uji heteroskedastisitas), analisis linier berganda, koefisien detereminasi, uji hipotesis (uji t). Pengolahan data software yang digunakan dalam analisis ini adalah program SPSS 21. Dari hasil uji t penelitian ini menunjukkan bahwa budaya organisasi tidak berpengaruh signifikan terhadap employee engagement, pengembangan karir berpengaruh positif signifikan terhadap employee engagement, kompensasi berpengaruh positif signifikan terhadap employee engagement.

  • Pengaruh citra merek dan kesadaran merek terhadap keputusan pembelian lipcream merek Hanasui (studi empiris pada konsumen marketplace Shopee)
    by Ris Apriliana Putri on March 26, 2024 at 8:44 am

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari citra merek dan kesadaran merek terhadap keputusan pembelian pada lipcream merek hanasui. Penelitian ini dilakukan di aplikasi e-commerce Shopee karena banyaknya konsumen yang telah membeli lipcream hanasui pada aplikasi e-commerce tersebut. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Teknik analisis data menggunakan regresi berganda dengan uji hipotesis menggunakan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan variabel citra merek berpengaruh signifikan positif terhadap keputusan pembelian dan variabel kesadaran merek berpengaruh secara signifikan positif terhadap keputusan pembelian. Didapatkan nilai uji koefisien determinasi (R2) sebesar 18,2% yang artinya variabel citra merek dan variabel kesadaran merek dalam menjelaskan variabel keputusan pembelian sebesar 18,2% dan masih terdapat faktor lain yang dapat memengaruhi variabel keputusan pembelian sebesar 81,8%.

  • Pengaruh kualitas produk dan brand image terhadap keputusan pembelian sepeda motor Vespa Matic pada komunitas Scooterlazy di Madiun
    by Ignatius Yovie Adiartantyo on March 26, 2024 at 8:42 am

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan brand image terhadap keputusan pembelian sepeda motor Vespa Matic. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan populasi anggota komunitas Scooterlazy Madiun. Penelitian ini menggunakan purposive sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan kuesioner melalui google form yang menggunakan skala likert. Teknik analisis data menggunakan regresi berganda dengan uji hipotesis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas produk berpengaruh secara signifikan dengan arah positif terhadap variabel keputusan pembelian, dan variabel brand image berpengaruh secara signifikan positif terhadap variabel keputusan pembelian sepeda motor Vespa Matic pada komunitas Scooterlazy di Madiun. Dengan nilai uji koefisien determinasi (R²) sebesar 29,4%, artinya variabel kualitas produk dan brand image mampu menjelaskan variabel keputusan pembelian sebesar 29,4% dan masih terdapat faktor lain yang memengaruhi variabel keputusan pembelian sebesar 70,6%.

  • Job satisfaction sebagai pemediasi pengaruh authentic leadership terhadap organizational commitment guru-guru SMA dan SMK Bonaventura Madiun
    by Elysa Wijayanti on March 26, 2024 at 8:39 am

    Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis signifikansi job satisfaction sebagai pemediasi pengaruh authentic leadership terhadap organizational commitment guru-guru SMA dan SMK Bonaventura Madiun. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari kuesioner yang disebarkan kepada 41 guru SMA dan SMK Bonaventura Madiun. Teknik penyampelan yang digunakan dalam penelitian adalah non probability sampling dengan metode sampling jenuh. Penelitian ini menggunakan teknik analisis jalur dengan sobel test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa authentic leadership berpengaruh secara positif signifikan terhadap job satisfaction. Authentic leadership berpengaruh secara positif signifikan terhadap organizational commitment. Job satisfaction berpengaruh secara positif signifikan terhadap organizational commitment. Job satisfaction berperan secara perfect mediation pengaruh authentic leadership terhadap organizational commitment.

  • Pengaruh keadilan organisasional dan komitmen organisasional terhadap kinerja karyawan Kampung Daun Culture Gallery & Cafe di Kabupaten Bandung Barat
    by Cindy Yesika Dyah Wuragil on March 26, 2024 at 8:38 am

    Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh keadilan organisasional dan komitmen organisasional terhadap kinerja karyawan Kampung Daun Culture Gallery dan Café. Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah sebanyak 76 karyawan tetap dari Kampung Daun Culture Gallery dan Café di Kabupaten Bandung Barat. Teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling dengan metode propotional random sampling. Data dikumpulkan secara offline menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel keadilan organisasional berpengaruh signifikan dan positif terhadap kinerja karyawan, Sedangkan variabel komitmen organisasional berpengaruh signifikan dan positif terhadap kinerja karyawan. Nilai koefisien determinan diperoleh 0,310. Artinya variabel keadilan organisasional dan komitmen organisasional terhadap kinerja karyawan memberikan pengaruh sebesar 31,0% dan sisanya 69,0% dipengaruhi variabel lainnya yang tidak diikutsertakan dalam penelitian ini.

  • Pengaruh kompensasi dan motivasi terhadap kinerja karyawan PT Sumber Alam Santoso Pratama Kab. Banyuwangi
    by Bunga Riris Devania Prinalova on March 26, 2024 at 8:38 am

    Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh kompensasi dan motivasi terhadap kinerja karyawan PT Sumber Alam Santoso Pratama kabupaten Banyuwangi. Sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 78 karyawan dari 354 karyawan PT Sumber Alam Santosa Pratama. Teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling dan pendistribusian menggunakan accidental sampling. Data dikumpulkan secara offline menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kompensasi tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan, Sedangkan variabel motivasi berpengaruh signifikan dan positif terhadap kinerja karyawan. Nilai koefisien determinan diperoleh 0,347. Artinya variabel kompensasi dan motivasi terhadap kinerja karyawan memberikan pengaruh sebesar 34,7% dan sisanya 65,3% dipengaruhi variabel lainnya yang tidak diikutsertakan dalam penelitian ini.

  • Pengaruh return on assets dan kebijakan dividen terhadap harga saham perusahaan yang tergabung dalam index high dividend 20 Bursa Efek Indonesia periode 2018-2022
    by Bellamita Evi Dyah Ardianti on March 26, 2024 at 8:37 am

    Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh return on assets dan kebijakan dividen terhadap harga saham perusahaan yang tergabung dalam Index High Dividend 20 Bursa Efek Indonesia periode 2018-2022. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 12 perusahaan yang tergabung secara berturut-turut dalam index high dividend 20 Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2022. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Data dikumpulkan secara online menggunakan laporan tahunan perusahaan yang didapat dari Bursa Efek Indonesia. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel return on assets tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Sedangkan variabel kebijakan dividen berpengaruh negatif signifikan terhadap harga saham. Nilai koefisien determinan diperoleh 0,210. Artinya variabel return on assets dan kebijakan dividen memberikan pengaruh sebesar 21% terhadap harga saham dan sisanya 79% dipengaruhi variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti keputusan investasi, keputusan pendanaan, dan berbagai aksi korporasi yang dilakukan perusahaan.

  • Pengaruh return on asset terhadap harga saham perusahaan sektor makanan dan minuman yang terdaftar di BEI periode tahun 2020-2022
    by Bella Septi Puspa on March 26, 2024 at 8:36 am

    Perusahaan makanan dan minuman merupakan salah satu sektor usaha yang terus mengalami pertumbuhan. Seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk di Indonesia kebutuhan makanan dan minuman terus meningkat. Industri makanan dan minuman merupakan industri yang menopang perindustrian Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh Return on Asset terhadap harga saham sektor makanan dan minuman yang terdaftar di BEI periode 2020-2022. Sampel dalam penelitian ini 33 perusahaan pada periode 2020-2022. Teknik analisis menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Return on asset berpengaruh positif signifikan terhadap harga saham.

  • Pengaruh persepsi manfaat dan persepsi kemudahan terhadap keputusan penggunaan mobile banking (studi empiris pada pengguna mobile banking)
    by Ardita Pradiningtyas on March 26, 2024 at 8:35 am

    Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis Pengaruh Persepsi Manfaat dan Persepsi Kemudahan Terhadap Keputusan Penggunaan Mobile Banking. Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah sebanyak 100 responden pengguna mobile banking. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan metode snowball sampling. Data dikumpulkan secara online menggunakan googleform. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear berganda dengan bantuan software SPSS 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Persepsi Manfaat berpengaruh signifikan dan positif terhadap Keputusan Penggunaan dan variabel persepsi kemudahan berpengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan Penggunaan. Nilai koefisien determinan diperoleh 0,604. Artinya variabel persepsi manfaat dan persepsi kemudahan terhadap keputusan penggunaan memberikan pengaruh sebesar 60,4% dan sisanya 39,6% dipengaruhi variabel lainnya yang tidak diikutsertakan dalam penelitian ini.

  • Pengaruh motivasi existence, relationship & growth (ERG) terhadap keberhasilan usaha pelapak di Lapak Kampir Kelurahan Kanigoro Kota Madiun
    by Ade Fourma on March 26, 2024 at 8:34 am

    Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh Motivasi Existence, Relationship & Growth (ERG) terhadap keberhasilan usaha pelapak di lapak kampir kelurahan Kanigoro Kota Madiun. Responden penelitian berjumlah 36 dan semuanya diambil sebagai sampel, dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik analisis data menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji hipotesis, uji koefisien determinasi (R2), dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Variabel motivasi Relationship berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keberhasilan usaha, (2) sebaliknya motivasi Existence dan Growth tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keberhasilan usaha. Nilai koefisien determinasi yang diperoleh yaitu sebesar 0,143. Artinya variable Existence, Relationship dan Growth terhadap keberhasilan usaha berpengaruh sebesar 85,7% dan sisanya 14,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

  • Pengaruh iklan dan promosi penjualan terhadap minat beli di e-commerce Bukalapak pada Mahasiswa UNIKA Widya Mandala Surabaya Kampus Kota Madiun
    by David Willianto on March 26, 2024 at 8:33 am

    Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh iklan dan promosi penjualan terhadap minat beli di e-commerce Bukalapak pada mahasiswa UNIKA Widya Mandala Surabaya Kampus Kota Madiun. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 105 mahasiswa UNIKA Widya Mandala Surabaya Kampus Kota Madiun yang aktif pada tahun ajaran 2023/2024 dengan teknik purposive sampling dan snowball sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dibagikan melalui Google Form kepada mahasiswa UNIKA Widya Mandala Surabaya Kampus Kota Madiun yang aktif pada tahun ajaran 2023/2024. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dengan menggunakan program software SPSS versi 25. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa variabel iklan dan promosi penjualan berpengaruh signifikan positif terhadap minat beli konsumen e-commerce Bukalapak, variabel promosi penjualan berpengaruh signifikan positif terhadap minat beli konsumen e-commerce Bukalapak. Nilai koefisien determinasi sebesar 62,7% artinya variabel independen iklan dan promosi penjualan berpengaruh terhadap variabel dependen minat beli sebesar 62,7% sedangkan sisanya 37,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

  • Pengaruh job attitude terhadap knowledge sharing behaviour dengan organizational citizenship behaviour sebagai mediasi
    by Maharani Yoriko Patrisia Elleyon on November 8, 2023 at 9:23 am

    Sumber daya manusia yang berorientasi pada peningkatan pengetahuan dapat menjadi sumber keunggulan kompetitif yang dimiliki perusahaan. Penelitian ini bertujuan menguji signifikasi pengaruh job attitude terhadap knowledge sharing behavior, dan organizational citizenship behaviour sebagai mediasi pada karyawan PT Bank Tabungan Negara Kantor Cabang Madiun. Dalam penelitian ini dibagikan 56 kuesioner kepada responden yaitu karyawan tetap PT Bank Tabungan Negara Kantor Cabang Madiun. Metode pengambilan sampel yang digunankan dalam penelitian ini adalah metode sampel jenuh atau total sampling dengan jumlah sampel 56 karyawan tetap. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi dan uji mediasi dengan menggunakan Sobel Test secara online. Software pengolahan data yang digunakan adalah program SPSS versi 21. Hasil pengujian mengungkapkan bahwa: 1) job attitude berpengaruh positif signifikan terhadap knowledge sharing behavior; 2) job attitude berpengaruh positif signifikan terhadap organizational citizenship behaviour; 3) organizational citizenship behaviour berpengaruh positif signifikan terhadap knowledge sharing behaviour; 4) uji mediasi mengungkapkan organizational citizenship behaviour berperan sebagai perfect mediation atau full mediation pengaruh job attitude pada knowledge sharing behaviour

  • Pengaruh servicescape dan customer experience terhadap revisit intention dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening (studi empiris pada Next Door Cafe Madiun)
    by Roro Wulan Maulanasmi on September 20, 2023 at 2:02 am

    Revisit intention merupakan tahapan dari pasca pembelian yang menjadi hal penting bagi suatu cafe, serta dapat dipengaruhi diantaranya oleh servicescape, customer experience dan kepuasan pelanggan. Servicescape yang unik dapat memberikan pengalaman lebih kepada pelanggan serta menciptakan kepuasan sehingga pelanggan yang puas akan melakukan kunjungan ulang ke cafe. Penelitian ini bertujuan untuk menguji signifikansi pengaruh positif servicescape terhadap revisit intention, customer experience terhadap revisit intention, servicescape terhadap kepuasan pelanggan, customer experience terhadap kepuasan pelanggan, kepuasan pelanggan terhadap revisit intention, serta pengaruh positif servicescape dan customer experience terhadap revisit intention dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening. Variabel independen adalah servicescape dan customer experience, sedangkan variabel dependen adalah revisit intention dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening. Populasi penelitian pengunjung cafe selama periode penelitian dengan jumlah sampel 97 orang, ditentukan secara purposive sampling. Data primer berupa jawaban kuesioner dianalisis menggunakan Partial Least Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa servicescape tidak berpengaruh signifikan, namun memiliki arah negatif terhadap revisit intention dan tidak berpengaruh signifikan, namun memiliki arah positif terhadap kepuasan pelanggan. Sedangkan customer experience berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pelanggan dan revisit intention, serta kepuasan pelanggan berpengaruh positif signifikan terhadap revisit intention. Kepuasan pelanggan memediasi pengaruh customer experience terhadap revisit intention, namun tidak memediasi pengaruh servicescape terhadap revisit intention

  • Pengaruh digital marketing dan brand ambassador terhadap keputusan pembelian pada Tokopedia (studi empiris pada masyarakat Madiun)
    by Aura Valentine on September 20, 2023 at 2:02 am

    Era globalisasi kini tengah berkembang pesat dengan di iringi teknologi yang semakin canggih. Hal ini menyebabkan pergesaran dibeberapa bidang terutama di bidang perekonomian yang berfokus pada bisnis. Berbagai strategi digunakan oleh perusahaan untuk dapat bertahan dan bersaing dengan kompetitior bisnis. Strategi digital marketing sangat tepat digunakan di era teknologi yang berkembang pesat ini, hal ini dikarenakan dengan menggunakan digital marketing konsumen lebih mudah didapatkan dan dijangkau. Penggunaan brand ambassador pun juga tepat digunakan dalam memasarkan produk maupun layanan pada perusahaan. Menggunakan strategi digital marketing dan brand ambassador pada sebuah perusahaan dapat mempengaruhi keputusan pembelian oleh konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh digital marketing dan brand ambassador terhadap keputusan pembelian masyarakat kota Madiun di Tokopedia secara parsial. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode analisis regresi linier berganda dengan pengujian t (parsial) dan koefisien determinasi (R2). Sampel pada penelitian ini yaitu sebanyak 97 orang yang merupakan masyarakat kota Madiun. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner melalui google form. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial digital marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.

  • Pengaruh mekanisme corporate governance terhadap financial distress perusahaan keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode tahun 2020-2022
    by Wiranti Wiranti on September 20, 2023 at 2:01 am

    Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh mekanisme corporate governance terhadap financial distress dengan variabel firm size sebagai variabel kontrol. Variabel independen pada penelitian ini adalah kepemilikan saham intitusional, employee stock ownership program (ESOP), dan proporsi angota dewan komisaris independen. Financial distress sebagai variabel dependen dalam penelitian ini diukur dengan Interest Coverage Ratio (ICR). Penelitian ini dilakukan pada perusahaan keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode tahun 2020-2022. Teknik pengambilan sampel penelitian adalah teknik purposive sampling. Jumlah data sampel pada penelitian ini adalah 188. Analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji simultan dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan adanya kombinasi antara variabel independen yang terdiri dari kepemilikan saham intitusional, ESOP, dan proporsi angota dewan komisaris independen serta variabel kontrol firm size dapat menjelaskan atau mempengaruhi variabel dependen yaitu financial distress sebesar 23,6% dan 76,4% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa mekanisme corporate governance dengan variabel kontrol firm size memiliki pengaruh secara simultan terhadap financial distress. Secara parsial kepemilikan saham institusional berpengaruh negatif terhadap financial distress, ESOP berpengaruh positif terhadap financial distress, sedangkan proporsi anggota komisaris independen tidak berpengaruh terhadap financial distress. Variabel kontrol firm size berpengaruh negatif terhadap financial distress.

  • Pengaruh kualitas produk dan variasi produk terhadap keputusan pembelian Cake Bread and Butter Bakery Madiun
    by Shelly Rahayu Purbaningsih on September 20, 2023 at 2:01 am

    Penelitian ini bertujuan untuk menguji tingkat signifikansi pengaruh positif kualitas produk dan variasi produk terhadap keputusan pembelian Cake di Bread and Butter Bakery Madiun. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sebanyak 100 responden yang telah melakukan pembelian Cake di Bread and Butter Bakery dengan inisiatif sendiri dengan menggunakan purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dan pengujian hipotesis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kualitas produk dan variasi produk berpengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian Cake di Bread and Butter Bakery Madiun. Nilai koefisien determinasi (R2) diperoleh sejumlah 0,511 (51,1%) yang berarti bahwa variabel keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh variabel kualitas produk dan variasi produk yang sebesar 51,1%. Variabel yang dominan adalah variabel kualitas produk. Hal ini berarti bahwa semakin baik kualitas produk, maka akan berdampak pada meningkatnya keputusan pembelian Cake pada Bread and Butter Bakery Madiun.

  • Analisis pengaruh kualitas produk dan harga terhadap loyalitas pelanggan bubur bayi organik merek Hepi Meal di Kota Madiun
    by Sasti Nindi Nur Lintang on September 20, 2023 at 2:00 am

    Penelitian ini bertujuan untuk menguji signifikansi pengaruh positif kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan, menguji signifikansi pengaruh positif harga terhadap loyalitas pelanggan, dan menguji signifikansi pengaruh kualitas produk dan harga terhadap loyalitas pelanggan bubur bayi organik merek Hepi Meal di Kota Madiun. Objek dari penelitian ini adalah outlet Hepi Meal di Kota Madiun. Populasi pada penelitian ini merupakan pelanggan bubur bayi organik Hepi Meal di Kota Madiun. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif. Teknik penyampelan yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel pada penelitian ini adalah pelanggan bubur bayi organik merek Hepi Meal di Kota Madiun dengan jumlah sampel 100 responden. Berdasarkan hasil penelitian dan perhitungan yang dilakukan dengan menggunakan program SPSS versi 21 dapat menunjukkan bahwa variabel kualitas produk berpengaruh positif signifikan terhadap variabel loyalitas pelanggan, variabel harga berpengaruh positif signifikan terhadap variabel loyalitas pelanggan, serta variabel kualitas produk dan variabel harga secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap variabel loyalitas pelanggan. Dengan nilai hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,226 atau 22,6% yang artinya kemampuan variabel kualitas produk dan variabel harga dalam menjelaskan variabel loyalitas pelanggan sebesar 22,6% dan sisanya sebesar 77,4% dapat dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.

  • Pengaruh debt equity ratio dan return on equity terhadap nilai perusahaan sektor keuangan periode 2019-2022
    by Priska Irene Agnestesia Pratiwi on September 20, 2023 at 2:00 am

    Tujuan penelitian ini untuk menguji signifikansi pengaruh struktur modal dengan proksi DER terhadap nilai perusahaan sektor keuangan periode tahun 2019-2022, dan menguji signifikansi profitabilitas dengan proksi ROE terhadap nilai perusahaan sektor keuangan periode 2019-2022. Objek dari penelitian ini adalah perusahaan sektor keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2019-2022. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 41 perusahaan pada empat periode tahun, sehingga objek pengamatan penelitian ini sebanyak 164 data. Data analisis menggunakan analisis regresi linier berganda. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari analisis statistik deskriptif, uji normalitas, uji asumsi klasik, uji multikoloniearitas, uji heterokedastisitas, uji autokorelasi, koefisien determinasi dan uji t, sedangkan teknik analisis data yang digunakan untuk hipotesis adalah analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil penelitian dan perhitungan yang dilakukan memperlihatkan bahwa variabel struktur modal tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan dan variabel profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan.

  • Pengaruh Leader Member Exchange (LMX) terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja karyawan UD GOFFT Production Ngawi
    by Inge Rika Fatimah on September 20, 2023 at 1:59 am

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Leader Member Exchange (LMX) terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja pada karyawan UD GOFFT Production Ngawi. Sampel pada penelitian sebanyak 35 responden dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Analisis data penelitian menggunakan uji kualitas data ( uji validitas dan uji reliabilitas), statistik deskriptif, uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heterokedastisitas, dan uji hipotesis dengan analisis regresi linear berganda. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa 1) LMX berpengaruh secara positif signifikan terhadap kinerja karyawan; 2) LMX berpengaruh secara positif signifikan terhadap kepuasan kerja; 3) Kepuasan kerja berpengaruh secara positif signifikan terhadap kinerja karyawan; 4) LMX berpengaruh terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja sebagai variabel mediasi parsial.

  • Pengaruh inovasi produk dan promosi penjualan terhadap minat beli sepatu merek Aerostreet (studi empiris pada followers Instagram Aerostreet)
    by Dhelon Ocvian Asmara on September 20, 2023 at 1:57 am

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh inovasi produk dan promosi penjualan terhadap minat beli sepatu merek Aerostreet. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan populasi followers instagram Aerostreet. Penelitian ini menggunakan purposive sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 97 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan kuesioner melalui google form yang menggunakan skala likert. Teknik analisis data menggunakan regresi berganda dengan uji hipotesis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel inovasi produk berpengaruh secara signifikan dengan arah positif terhadap variabel minat beli, dan variabel promosi penjualan berpengaruh secara signifikan dengan arah positif terhadap variabel minat beli sepatu merek Aerostreet pada followers instagram Aerostreet. Dengan nilai hasil uji koefisien determinasi (R²) sebesar 41,1%, artinya variabel inovasi produk dan variabel promosi penjualan mampu menjelaskan variabel minat beli sebesar 41,1% dan masih terdapat faktor lain yang memengaruhi variabel minat beli sebesar 58,9%. Penelitian ini menunjukkan bahwa inovasi produk yang dilakukan Aerostreet unik serta menarik seperti kolaborasi dengan produk lain yang tidak sejenis dan promosi penjualan di akun media sosial instagram dikemas secara menarik serta inovatif yang dilakukan secara konsiten untuk meningkatkan minat beli produk sepatu Aerostreet.

  • Pengaruh mekanisme corporate governance terhadap kinerja keuangan perusahaan non keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode tahun 2020-2022
    by Ayu Dwi Lestari on September 20, 2023 at 1:57 am

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Mekanisme Corporate Governance (GCG) terhadap kinerja keuangan perusahaan. Mekanisme Corporate Governance diukur dengan proksi kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, dewan komisaris independen, dan komite audit sebagai variabel independen. Kinerja keuangan sebagai variabel dependen dalam penelitian ini menggunakan proksi Return On Asset (ROA). Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan non keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode tahun 2020-2022. Teknik pengambilan dan pengumpulan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Data sampel dalam penelitian ini berjumlah 617 sampel data. Jenis sumber data yang digunakan adalah data sekunder, berupa laporan keuangan dan annual report. Analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji simultan dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel independen yang terdiri dari kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, dewan komisaris independen, dan komite audit serta ukuran perusahaan sebagai variabel kontrol mampu mempengaruhi variabel dependen yaitu kinerja keuangan sebesar 11,3%. Sedangkan sisanya 88,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil penelitian secara simultan Mekanisme Corporate Governance berpengaruh terhadap kinerja keuangan perusahaan non keuangan yang terdaftar di BEI periode tahun 2020-2022. Hasil penelitian uji secara parsial menunjukkan bahwa kepemilikan manajerial berpengaruh positif terhadap kinerja keuangan. Sedangkan, kepemilikan institusional, dewan komisaris independen dan komite audit tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan. Ukuran perusahaan sebagai variabel kontrol berpengaruh negatif terhadap kinerja keuangan perusahaan non keuangan yang terdaftar di BEI periode tahun 2020-2022.

  • Pengaruh information quality, product variety dan delivery service terhadap kepuasan konsumen (studi empiris pengguna marketplace Sociolla di Indonesia)
    by Angelica Octarayen Franklin Welong on September 20, 2023 at 1:57 am

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh information quality, product varierty dan delivery service terhadap kepuasan konsumen pengguna marketplace Sociolla di Indonesia. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan populasi masyarakat Indonesia yang melakukan transaksi pada marketplace Sociolla. Penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 186 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan kuesioner melalui google form dan menggunakan skala likert. Teknik analisis data menggunakan regresi berganda dengan uji hipotesis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa information quality dan product variety berpengaruh signifikan dengan arah positif terhadap kepuasan konsumen pengguna marketplace Sociolla di Indonesia, sedangkan delivery service tidak berpengaruh namun memiliki arah positif terhadap kepuasan konsumen pengguna marketplace Sociolla di Indonesia.

  • Pengaruh kompensasi dan lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja karyawan Rumah Sakit Griya Husada Madiun
    by Deiralifa Lathifa Athifiyyah Rizal on September 20, 2023 at 1:51 am

    Perubahan pada lingkungan bisnis yang begitu cepat menuntut suatu perusahaan dapat cepat beradaptasi. Salah satu perubahan yang begitu signifikan terjadi pada saat pandemi Covid-19. Banyak perusahaan yang terkena dampaknya terutama pada rumah sakit. Di tengah perubahan tersebut rumah sakit tetap perlu menyediakan kesejahteraan dan lingkungan yang nyaman bagi karyawannya baik pada saat pandemi maupun setelah pandemi. Salah satu strategi yang dapat diterapkan perusahaan untuk survive adalah dengan memperhatikan kepuasan kerja karyawan. Kepuasan kerja karyawan berkaitan dengan faktor lain yaitu kompensasi dan lingkungan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompensasi dan lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja karyawan Rumah Sakit Griya Husada Madiun. Jenis penelitian ini adalah penelitian kausal dengan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel yang diuji dalam penelitian ini sebanyak 160 karyawan medis dan non-medis. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan aplikasi SPSS 22. Variabel kompensasi menggunakan indikator gaji, insentif, tunjangan, dan fasilitas. Variabel lingkungan kerja menggunakan indikator pencahayaan, pewarnaan, kebisingan, sirkulasi atau suhu udara, keamanan di tempat kerja, hubungan dengan rekan kerja, dan hubungan dengan atasan. Variabel kepuasan kerja menggunakan indikator sistem gaji, pekerjaan itu sendiri, promosi, supervisi, dan rekan kerja. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompensasi dan lingkungan kerja berpengaruh signifikan positif terhadap kepuasan kerja karyawan. Diharapkan Rumah Sakit Griya Husada Madiun dapat tetap mempertahankan karena faktor kompensasi dan lingkungan kerja berpengaruh terhadap kepuasan kerja karyawan.

  • Pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada warung Caping Gunung di Desa Kresek Kecamatan Wungu Kabupaten Madiun
    by Prabowo Tri Sukma on September 20, 2023 at 1:50 am

    Penelitian ini bertujuan untuk menguji signifikansi pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Warung Caping Gunung di Desa Kresek Kecamatan Wungu Kabupaten Madiun. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden dengan teknik non probability sampling. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menemukan bahwa variabel harga dan kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh signifikan dan positif terhadap kepuasan konsumen pada Warung Caping Gunung di Desa Kresek Kecamatan Wungu Kabupaten Madiun. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,091 artinya 9,1% perubahan kepuasan konsumen disebabkan karena variabel harga dan kualitas pelayanan, sedangkan sisanya 90,9% disebabkan oleh variabel lain yang tidak masuk dalam penelitian ini.

  • Pengaruh kepercayaan (trust) terhadap keputusan pembelian perlengkapan rumah tangga di Tokopedia
    by Chandra Hermawan on September 20, 2023 at 1:48 am

    Penelitian ini bertujuan menguji signifikansi pengaruh positif kepercayaan terhadap keputusan pembelian perlengkapan rumah tangga secara online di Tokopedia. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jumlah sampel pada penelitian ini ditetapkan sebanyak 100 responden. Berdasarkan hasil dari pengujian hipotesis menunjukan bahwa nilai t_hitung sebesar 5,725 t_tabel sebesar 1,66039 dan memiliki nilai signifikansi 0,000 < 0,05, maka penelitian ini mendukung hipotesis yaitu kepercayaan berpengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian online perlengkapan rumah tangga. Artinya apabila kepercayaan yang terdiri dari objek, atribut, dan manfaat yang diberikan baik maka dapat mempengaruhi tingkat keputusan pembelian online perlengkapan rumah tangga oleh pengguna Tokopedia di kota Madiun.

  • Pengaruh kualitas dan harga terhadap keputusan pembelian produk hijab di toko Belshouse JIwan Kabupaten Madiun
    by Bella Pinky Ambar Aprilia on September 20, 2023 at 1:47 am

    Penelitian ini bertujuan untuk menguji signifikansi pengaruh variabel kualitas produk dan variabel harga terhadap keputusan pembelian produk Hijab Belshouse. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden dengan teknik non probability sampling. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan menggunakan bantuan software SPSS versi 22. Hasil penelitian menemukan bahwa variabel harga dan kualitas produk secara parsial berpengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian produk Hijab Belshouse. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,438 artinya 43,8% pada keputusan pembelian disebabkan karena variabel kualitas produk dan harga, sedangkan sisanya 56,2% disebabkan oleh variabel lain yang tidak masuk dalam penelitian ini.

  • Pengaruh promosi penjualan dan periklanan terhadap keputusan pembelian konsumen produk wardah (Studi pada konsumen Toko Laila Branded Ponorogo)
    by Ajeng Artika Andani on September 20, 2023 at 1:47 am

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi penjualan dan periklanan terhadap keputusan pembelian konsumen produk Wardah. Penelitian ini dilakukan pada Toko Laila Branded Ponorogo dengan responden 97 orang. Teknik penyampelan menggunakan Purposive Sampling. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data regresi linier berganda dengan software SPSS versi 22. Berdasarkan hasil pengujian menunjukkan bahwa promosi penjualan dan pengiklanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada Toko Laila Branded Ponorogo.

  • Pengaruh motivasi kerja dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan KSP Andhika Jaya Putra Kedungadem Kabupaten Bojonegoro
    by Mekael Ardo Krisnanda on September 20, 2023 at 1:46 am

    Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis signifikansi pengaruh positif motivasi kerja dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan. Sampel pada penelitian ini adalah karyawan KSP.Andika Jaya Putra Kedungadem Kabupaten Bojonegoro, dengan jumlah sampel 50 responden yang menggunakan teknik sampling yaitu sampel jenuh atau total sampling. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan yiatu menggunakan uji kualitas data, uji asumsi klasik, dan uji regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel motivasi kerja dan lingkungan kerja secara simultan dan bepengaruh signifikan positif terhadap kinerja karyawan. Sedangkan, motivasi kerja secara parsial tidak berpengaruh signifikan positif terhadap kinerja karyawan dan lingkungan kerja secara parsial berpengaruh signifikan positif terhadap kinerja karyawan. Hasil penelitian ini didominasi oleh variabel lingkungan kerja dengan koefisien regresi sebesar 0,959. Nilai koefisien determinasi sebesar 0,794 yang artinya motivasi kerja dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan memberikan pengaruh sebesar 79,4% dan sisanya 20,6% dipengaruhi variabel lain yang tidak diikutkan dalam penelitian ini.

  • Pengaruh citra merek dan brand love terhadap loyalitas konsumen pada Starbucks Madiun
    by Claudya Tara Novanda on September 15, 2023 at 1:55 am

    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis signifikansi pengaruh positif Citra Merek dan Brand Love terhadap Loyalitas Konsumen pada Starbucks Madiun. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuanttitatif dengan menggunakan populasi konsumen Starbucks yang telah membeli dan mengkonsumsi lebih dari 2 kali kopi Starbucks Madiun. Pada penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan data pada penelitian ini menggunakan kuisioner yang disebar secara langsung dan menggunakan skala likert. Teknik analisis data menggunakan regresi liner berganda dan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Citra Merek dan Brand Love berpengaruh secara signifikan dengan arah positif terhadap Loyalitas Konsumen pada Starbucks Madiun.